Cara Merubah Drive Letter Harddisk

Drive Letter adalah huruf-huruf sebagai penanda sebuah partisi pada harddisk di sistem operasi Windows. Seperti yang kita tahu bahwa untuk sistem operasi Windows file sistem secara default berada pada Drive C:\, yang mana pada drive tersebut terdapat beberapa file sistem yang sangat penting dan merupakan file utama yang tidak boleh diedit, dipindahkan bahkan dihapus sekalipun.
Berbicara tentang Drive Letter Harddisk, kita tahu bahwa sebuah harddisk dapat dipartisi(dipilah-pilah), mengapa harus dipartisi?. Ketika kita mempunya harddisk yang berukuran jumbo seperti 500 GB misalnya, jika harddisk tersebut kita gunakan semua (tidak dibagi pilah), yang terjadi ketika sistem operasi yang terinstal tersebut mengalami error, yang penanggulangannya harus diinstal ulang sistem operasinya dan secara otomatis harus diformat(duhapus) satu partisi tersebut, maka semua data yang berada pada partisi tersebut akan lenyap(hilang).
Untuk menanggulangi hal tersebut, partisi-lah jawaban yang paling efektif. Namun disini kami tidak akan membahas tentang cara mem-partisi sebuah harddisk, melainkan cara bagaimana merubah Drive Letter pada Harddisk yang telah dipartisi tersebut. Kok dirubah? Ada kalanya setelah kita mempartisi sebuah harddisk menggunakan cara apapun biasanya ada partisi yang drive letternya anjlok(tidak nyusun). Berikut akan kami uraikan cara menyusunnya.

  1. Buka Windows Explorer dari Start Menu, kemudian klik Computer
  2. Dari Windows Explorer klik kanan pada Tree view Computer, kemudian klik Manage, untuk membuka Computer Management.
    Cara Mengganti Drive Letter Harddisk
  3. Pada Computer Management, pilih Disk Management.
  4. Informasi tentang Harddisk yang terpasang di komputer tersebut akan ditampilkan berikut Partisi Harddisk yang ditandai dengan Drive Letter
  5. Klik kanan pada sebuah partisi Harddisk yang akan dirubah Drive Letternya, kemudian pilih Change Drive Letter and Paths..
  6. Selanjutnya pada Drop Box Assign the following drive letter... pilih Drive Letter penggantinya. (Contoh dari E:\ jadi D:\)


  7. Setelah terpilih klik tombol OK, kemudian pada konfirmasi "Some program that rely on drive letter might not run correctly. Do you want to continue?" klik saja tombol YES.
  8. Drive Letter sudah berubah yang tadinya DATA (E:\) menjadi DATA (D:\).


LIHAT - Video Cara Merubah Drive Letter Harddisk


Selamat Mencoba !
2 Komentar untuk "Cara Merubah Drive Letter Harddisk"

min kalo colokin hdd external terus ga keluar letternya itu kenapa ya??

tunggu aja gan, mungkin masih proses instalasi HDD, atau bila perlu di restart terlebih dahulu

Isi komentar

Back To Top