Tuesday, January 10, 2023

Perbedaan Emas Antam dan UBS

Produsen Emas batangan kecil (mini) yang banyak beredar di pasaran yaitu dari merk ANTAM dan UBS. Antam merupakan perusahaan yang memproduksi Emas di Indonesia dengan nama perusahaanya yaitu PT. ANTAM Tbk. Antam sendiri kependekan dari Aneka Tambang. Sedangkan UBS kependekan dari PT Untung Bersama Sejahtera, yang merupakan perusahaan swasta pembuat berbagai perhiasan emas yang sudah berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya.


Jelas berbeda dari perusahaan pembuatnya, namun apa lagi yang membedakan antara emas tersebut. berikut perbedaan secara mendasar yang wajib diketahui.

1. Ukuran

Produk emas batangan yang dikeluarkan Antam terdiri dari dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan yang paling berat hingga 1.000 gram atau 1 kilogram. Sedangdang emas keluaran UBS terbatas ukuran nya

2. Sertifikat

Perbedaan emas Antam dan UBS kedua adalah pada jenis sertifikat yang menyertainya.Emas Antam keluaran terbaru memiliki sertifikat yang menyatu dengan kemasannya atau terlaminating.Emas Antam merupakan perusahaan yang emas produksinya bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) sehingga lebih mudah dijual di pasar di negara manapun.Di pasaran juga masih tersedia emas Antam dengan versi kemasan lama, di mana sertifikatnya masih berupa kertas berhologram terpisah..

3. Lokasi Beli

Emas Antam bisa dibeli langsung di Unit Bisnis Antam yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Selain itu, PT Antam saat ini juga membuka butik emas di berbagai kota untuk penjualan langsung emas batangan produksinya. Emas UBS tak memiliki pusat penjualan khusus sebagaimana Antam. Kesamaan keduanya, kedua emas batangan itu bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko emas, Pegadaian, maupun marketplace. Kendati demikian, jika membeli di toko emas, stoknya terbatas dan hanya untuk ukuran tertentu. Sehingga untuk pembeliannya, baik UBS maupun Antam, terkadang harus melakukan pemesanan.

4. Bentuk Fisik

Dari sisi fisik, perbedaan emas Antam dan UBS adalah pada bentuknya. Jika dilihat dari ukuran, emas batangan Antam relatif lebih kecil dan tebal jika dibandingkan dengan keluaran UBS yang memiliki dimensi lebih lebar namun lebih tipis. Keduanya punya kesamaan, yakni memiliki kadar emas sebanyak 99,99 persen.

5. Harga Berbeda

Perbedaan emas Antam dan UBS terakhir ada pada harganya. Naik turun harga emas batangan Antam maupun UBS bisa dilihat di website resmi penjualan kedua perusahaan. Emas Antam relatif memiliki harga lebih tinggi dibandingkan emas UBS.


Semoga informasi ini bermanfaat.  



No comments:

Post a Comment

Isi komentar