Cara Update Manual Database Antivirus AVG

Tag : AntiVirus
Pengertian update Database Virus

Update adalah memperbaharui, database atau basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut sedangkan virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Jadi update database virus (komputer) adalah memperbaharui informasi tentang program komputer yang dirancang untuk merusak atau memperlambat kinerja komputer, sehingga antivirus dapat dengan mudah mengenali virus atau pengganggu tersebut untuk kemudian ditahan (dikarantina)  bahkan sampai dimusnahkan (dihapus).
Apabila antivirus tidak diperbaharui database-nya, maka antivirus itu tidak akan mengenali virus-virus baru . Jadi “kenal tangkap, tak kenal abaikan”. Itulah yang menjadi semboyan Antivirus selama ini. Nah, yang jadi masalah dari semboyan tersebut adalah “tak kenal abaikan”, sehingga virus dapat berkeliaran dan mengobrak-abrik komputer anda. Mau komputer anda di obrak-abrik oleh virus?
Ya udah kalau tidak mau, update antivirus Anda sekarang juga.


Beberapa Cara Meng-Update Database Virus
Ada dua cara dalam meng-update antivirus, Yaitu:

  1. Update Otomatis/Automatic Update
    Update otomatis adalah memperbaharui database virus secara otomatis ketika komputer terhubung ke internet
  2. Update Manual/Offline
    Update manual atau biasa juga disebut update offline adalah memperbaharui database virus tanpa sambungan internet. Lho kok bisa? Bisa, tapi ada syaratnya lho. Apa itu?
    Pertama-tama Anda harus mendownload file update database virus terlebih dahulu. Ah, tetep aja nyambung internet. Bukan itu yang saya maksudkan, memang File Update-nya mendownload dulu tapi untuk memperbaharui database virus melalui antivirusnya kan offline. Jadi, Anda dapat menghemat waktu dan biaya browsing dan downloadnya, karena dengan sekali download Anda dapat meng-update database virus ke lebih dari satu komputer. Coba bayangkan, hemat kan?

 
  1. Downloaddatabase virusnya terlebih dahulu
  2. Setelah selesai mendownload keseluruhan file pendukungnya maka satukan file tersebut dalam sebuah folder, misal : 16-3-2013.
  3. Setelah itu, buka aplikasi AVG Internet Security, kemudian pilih Options –Update from directory, akan muncul kotak sumber update manualnya, cari folder  16-3-2013 atau sesuai dengan nama folder yang berisi file database virus tadi.
  4. Klik OK pada kotak dialog tersebut. Proses Updating berlangsung sampai muncul  "Update Completed Succesfully.
  5.  Update Selesai. selanjutnya Cek apakah AVG Internet Security Anda sudah benar-benar terupdate, dengan memilih Support kemudian klik Product
    Update database virus biasanya 2 minggu sekali bahkan terkadang sampai 1 minggu sekali.

    Banyak jalan menuju Roma, banyak cara untuk memproteksi komputer. Sebenarnya tak ada komputer yang aman, tapi mencegah lebih baik daripada mengobati.

    Sedikit pengetahuan mudah-mudahan bermanfaat...
6 Komentar untuk "Cara Update Manual Database Antivirus AVG"

Bos tolong postingin Avira dong !!!!!!!!!!

bisa postingin file update avg 8.0.199 kagak gan..??

mantaph Gan !
lo emang hebat, sangat membantu ^_^V

gan izin copy ya
kunjung balik ya ariefrezqa.blogspot.com

Isi komentar

Back To Top