Cara Memperbaiki Windows 8 Tanpa Install Ulang

Tag : Windows
Munculnya Windows 8 banyak memberikan perubahan bagi para pengguna Sistem Operasi berbasiskan Windows. Mulai dari tampilan menu yang menggunakan tambahan Metro Style Apps sampai pada proses penanganan kerusakan sistem yang mudah dan efisien.
Biasanya, ketika sistem operasi (Windows)  mengalami kerusakan (error) jurus terakhirnya adalah install ulang, Tapi untuk sistem operasi yang satu ini (Windows 8) kita tidak perlu melakukan hal tersebut.
Cukup dengan mengikuti prosedur dibawah ini sistem operasi Windows 8 akan pulih kembali. Berikut langkah-langkah untuk memperbaiki Windows 8 tanpa harus menginstall ulang Windows 8.
  1. Geser pointer mouse ke sebelah kanan atas atau bawah layar desktop, 
  2. Klik Settings - Change PC Settings, muncul jendela Pc Settings
    Cara Memperbaiki Windows 8 Tanpa Install Ulang
  3. Pilih General, kemudian pada sub menu-nya (sebelah kanan) geser ke sebelah bawah seperti gambar di bawah ini
    Cara Memperbaiki Windows 8 Tanpa Install Ulang (1)
  4. Pilih Refresh your PC without affecting your files untuk mengembalikan windows ke setting awal tanpa harus menghapus file yang ada di windows (Documents, Pictures, Videos dan lainnya).
  5. Pilih Remove everything and reinstall Windows untuk mengembalikan windows ke pengaturan awal dan menghapus seluruh file yang ada pada Documents, Pictures, Videos dan yang lainnya selain file systems.
Demikianlah cara memperbaiki Windows 8 tanpa install ulang. Semoga bermanfaat..

48 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Windows 8 Tanpa Install Ulang"

mantap gan, akhirnya berhasil jg, thanks ya :D

mantap gan, akhirnya berhasil jg, thanks ya :D

Hatur nuhun pisan gan infone. Ane sempt pusing tdinya cari setingn, krna slah settng

Sayangnya Komp saya gak support untuk win 8.. Bookmark dulu ah... :)

gan kok gue ada tulisannya to use this future sign in ad administrator tolong,, penceramahannya

Kemungkinan Tipe User Account Anda bukan Administrator.

thanks gan udh oke , tp kok selesai itu , klik kanan di dekstop ga bisa yaa?

napa sy ga bsa dgn cara td itu...

gan ane udah coba kaya gtu qo ggal trus ya,, malah keluar inser media terus,gmna nih gan tolong di bantu alnya win 8 saya udah error bet. thank.

kalo sudah remove evrything and reinstall windows nanti bisa atur ulang partisi hardisk gak?

from : Audhika Rahmat P

Misalnya saya dah instal corel sebelumnya, apakah setelah direpair windows 8, corel saya akan hilang?? Help ya, tq.

Untuk atur ulang partisi hardisk bisa gunakan software partisi Hardisk, repair windows 8 mengakibatkan aplikasi pihak ketiga seperti Corel hilang pada register, jadi aplikasi tersebut harus diinstal kembali...

` gan klo punya saya icon di menu start yang sebelah kanan kiri yg - + itu menjadi kotak" gmana ya ???

gan punya ane gak bisa knpa yaa? pas ane klik nexxt malah some missing gtu

mantap banget blognya, nambah pengetahuan ya. :)

mas saya mw minta tolong ni mas
laptop saya minta di reinstall
cara di atas bisa gk dipkek untukmemperbaiki ny.. ?

Bisa gan, silahkan ikuti langkah-langkahnya, semoga berhasil...

ini sama dngan instal baru gan, apa bedanya dngan instal baru????

Gan kalo di refresh apa game, software, driver yg sudah di instal akan teruninstal ataukah tetap terinstal?

@and213 ia beda tipis dengan instal baru, kalau instal baru harus menyiapkan peralatan instalasi seperti DVD Instaler atau Flasdisk Installer Windos 8.
@Sandy aplikasi pihak ketiga seperti game, software, driver akan teruninstal namun file yang ada pada Document tetap ada.

untuk file yang di data D bakal hilang ga?

file yang berada di selain drive sistem (Drive C:) tetap ada seperti Drive D, Drive E dan seterusnya.

file yang berada di selain drive sistem (Drive C:) tetap ada seperti Drive D, Drive E dan seterusnya.

Saya mau coba yaa, laptop saya kayanya error, trimakasih banyak untuk infonya...salam...

Min numpang tanya kalau udh selesai proses nya kehapus gk data D: ama E:?
Mohon Pencerahan nya Min

kalau Drive D: sama E: atau selain drive System C: tidak akan terhapus, yang terhapus tuh file-file yang ada pada folder bawaan Windows seperti Document, Pictures dan lain sebagainya. Tapi untuk jaga-jaga sebelum merefresh Windows 8 ini sebaiknya pindahkan dulu data-data penting ke drive D: atau E: .

mas, saya mau refresh tanpa menghilangkan data, tapi pas setelah saya klik "next" ada tulisan insert media "some files are missing. Your windows installation or recovery media will provide these files" jadi cuma ada perintah "cancel" dan ga bisaa refresh jadinya, solusinya bagaimana nih mas?

Gan brrti itu file filenya ilang semua ya yg di D sma C

gak gan, Drive D tidak akan hilang, kecuali Folder system di drive C seperti isi dari Windows dan Program File kembali ke Default, trus di Document sendiri ada pilihannya ketika agan mau REFRESH Windows-nya.

Gan seandainya saya pilih yang Remove everything and reinstall Windows apakah Drive di luar C punya bakalan hilang atau tetap ada.

Thx atas informasinya

Drive selain C, seperti D, E, F dan lainnya gak bakal terpengaruh sama pilihan itu. Data yang ada pada Drive tersebut tidak akan hilang.

wah mantap gan, kebetulan saya juga lagi nyari info ini nih. thanks banget ya

article useful for all readers, I think this would be beneficial for me and many other readers
thank you for sharing.

mas pas saya coba ko malah keluar tulisan insert media itu caranya gimana mas , mohon bantuannya

kalau insert media itu, Anda harus memasukan CD / Flashdisk Installer Windowsnya, emang itu syaratnya

wah bermanfaat banget nih postingan infonya, tapi masih agak bingung, itu file yang harus di pindah semua yang ada di drive D ? yang terhapus semua drive sekaligus system C JUGA ? harus ke hard disk eksternal dong ya ?

Terimakasih banyak gan atas informasinya, semoga bermanfaat untuk semua.

visit : http://www.rajalistrik.com/

gan, punya saya local disk c nya nggak bisa dibuka(error) caranya gimana nih?

Kalau mau memperbaiki windows karena data di Local disk C terhapus bisa gak yah gan ?

Kalau mau memperbaiki windowsnya dikarenakan data di Local disk C terhapus bisa gak yah gan ?

gann nanti data c nya ke hapuss semuaa kalo di refresh

Kalo aku milih reinstall Windows apa data di D: dan E: bakal ilang?

Isi komentar

Back To Top