Friday, January 16, 2015

Kode Error Lengkap Printer Canon E500

Berikut Kode Error Lengkap untuk Printer Canon E500 yang merupakan printer multifungsi yang sangat canggih.

Kode error yang terdapat pada printer ini sama dengan printer Multifungsi lainnya seperti Canon MP 258 series dan MP 280. Karena letak panelnya juga tidak jauh berbeda. Ada dua pesan yang muncul ketika ada masalah pada mesin printer atau pada cartridgenya, kode tersebut bisa P atau kode E. untuk kode E bisa di katakan kode yang normal atau tidak terlalu sulit dalam penanganannya. Tapi jika sudah keluar error P untuk perbaikannya lumayan sulit.mari kita bahas pesan error yang muncul pada printer E500 dan cara memperbaikinya :
Kode Error Lengkap Printer Canon E500

Daftar Kode Error pada Printer Canon E500

Error P02
Error  ini terjadi karena Cariage (rumah cartridge) mengalami masalah. Rumah catridge adalah tempat untuk duduk (menempatkan catridge) yang menghubungkan catridge ke main board printer.

Solusi :
Carilah benda asing yang menghambat/menghalangi roller berputar dan manarik kertas. Kemudian bersihkan benda asing itu dari printer. Posisikan printer terbalik dan goyangkan. catatan : cartridge harus dilepas. Jika terdapat benda yang berukuran sedang, cara ini cukup efektif. tapi jika benda itu terlanjur terkunci dan terjepit pada bagian depan roller akan agak sulit karena Anda  harus membongkar printer untuk mengambil kertas, cutter, penutup suntikan tinta atau benda asing lainnya.
Cek dan bersihkan encodernya. Encoder adalah kabel atau pita transparan yang melintang dari sisi kanan ke kiri pada printer. letakknya melewati carriage printer. jika error ini terjadi pastikan encoder bersih dari cipratan tinta.

Error P03 - Line feed Error
Error ini disebabkan karena timmming disk kotor karena cipratan tinta atau tidak berputar dengan sempurna. Letak timming disk berada di sebelah kiri printer dengan bentuk bulat dan disertai garis hitam melingkar pada bagian tepi.

Solusi :
Bersihkan tinta yang menempel pada timming disk. Untuk membersihkannya jangan dengan thinner tapi gunakan permbersih kaca dan mengelapnya dengan tissue. Jika sampai timing disk tergores maka proses printing akan bermasalah.
Cara lainnya bisa juga karena board printer kebanjiran tinta. Bersihkan dan keringkan board-nya, setelah itu baru pasang lagi. Usahakan benar-benar kering. Tapi jangan di jemur untuk proses pengeringannya karena bisa mengakibatkan konslet pada komponennya.

Error P05 - ASF error
ASF terletak pada bagian dekat roller. Berbentuk kecil dan menyatu dengan roller.

Solusi:
Ganti dengan ASF yang lain, kemungkinan asf-nyapatah, tidak terpasang dengan benar, atau memang tidak di pasang.
Motor printer, ganti motor printer dengan yang masih bagus. Jika ada printer dengan  kasus yang lebih parah anda bisa mengambil motornya yang masih bekerja.
Ganti Motherboard printer, ini adalah langkah terakhir yang bisa Anda lakukan. Karena jika sudah berurusan dengan Motherboard printer maka akan kecil kemungkinan printer akan normal kembali.

Error P06 - Internal temperature error
Penyebab : panas yg berlebihan di dalam printer. Panas ini bermula ketika printer di gunakan secara terus menerus tanpa henti. Misal, printer digunakan untuk mencetak sebanyak 200 lembar tanpa istirahat atau di gunakan untuk mencetak full collour atau blok sebanyak 100 lembar tanpa istirahat.

Solusi :
Bersihkan bagian dalam printer. Bagian dalam itu bisa unit motor, roller printer, board printer, carriage dan bantalan penyerapan tinta.
Ganti Board Printer. Langkah ini bisa diambil jika cara nomor 1 tidak membuahkan hasil. Tapi ingaPrinter harus benar-benar bersih dulu, supaya kasus serupa tidak terulang kembali.
.
Error P07 - Ink absorber full
Penyebab : Ink Counter Penuh, Printer minta di reset pakai Software. Daya serap pada bantalan ada batasnya. Jika komputer sudah mendeteksi bahwa sudah penuh maka jika di hari nanti tidak mau masalah ini muncul lagi buatlah saluran pembuangan di belakang printer dengan botol tinta yang sudah tak terpakai.

Solusi : Reset Printer dengan menggunakan software

Error P08 - Print head temperature rise error
Penyebab : Head terlalu panas, melebihi ambang batas, biasanya Cartridge warnanya bermasalah. pemaksaan printer untuk mencetak akan mengakibatkan kejadian ini.

Solusi :
Coba ganti cartridge warna Printer Canon
Coba ganti cartridge hitam

Error P09 - EEPROM error
Penyebab : EEPROM board mengalami Corrupt atau rusak.

Solusi :
Ganti Board Printer

Error P10 - Logic Board / Carriage Unit  atau  Kedua Catridge Rusak
Penyebab : Cartridge dibiarkan kosong dan dipakai untuk mencetak terus. Akibatnya terjadilah panas. Kasus ini sangat fatal karena jika benar permasalahannya pada Logic Board yang rusak maka harus beli motherboard printer dengan harga 200 ribu sampai 300 ribu lumayan lah. Kerusakannya ada pada salah satu komponen berikut : Logic Board / Carriage Unit / Kedua Catridge.

Solusi : Ganti Salah satu komponen diatas urutkan dari yg paling mudah dan murah. Hehe...

Itulah beberapa Kode Error Printer Canon E500, MP258, MP280 yang sering dialami para pengguna printer berikut cara / solusi mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua.


No comments:

Post a Comment

Isi komentar